Jumat, 19 Oktober 2012

Apa itu DNS dan DDNS

Yang biasa akses internet pasti sering berurusan dengan dns minimal men”set” DNS yang sesuai yang biasanya diberitahukan oleh provider sehingga bisa mengakses internet.

DNS adalah …
DNS merupakan singkatan dari Domain Name Service, fungsi utamanya adalah menerjemahkan alamat ip komputer dengan alamat yang lebih manusiawi atau bahasa daerahnya “humanable”. Seperti yang kita ketahui, setiap komputer yang terhubung ke internet harus punya ip address. Namun tidak semua orang bisa menghapalkan 66.94.234.13 (saya juga cuma copy paste itu hehehe), lebih mudah menghapalkan www.yahoo.com.

Siapa yang butuh DNS?
Seperti yang disinggung sebelumnya, setiap pengakses internet membutuhkan DNS kecuali sanggup menghapal sebanyak 256*256*256*256 ip address, Salah satu pengguna DNS adalah pengakses internet, tapi pengakses internet tidak perlu membuat DNS Server karena bisa menggunakan DNS server yang disediakan oleh ISP.
Pengguna DNS selanjutnya tentu saja adalah ISP, dan mereka yang mengelola domain dan webserver.


bila DNS itu bersifat statis maka DDNS kebalikannya bersifat dynamis. DDNS (Dynamic Domain Name Server) pertama anda bisa mendaftar untuk mendapatkan DDNS gratis http://www.dyndns.org/
isi sesuai yang di bawah ini:
* Hostname: pilih subdomain dan domain yang akan Anda gunakan untuk menunjuk ke IP Anda.
* Wildcard: boleh Anda centang atau tidak. Bila dicentang, maka bila terdapat sub-subdomain dari hostname yang Anda isi, maka akan otomatis tetap diarahkan ke IP Anda.
* Service Type: Host with IP address
* IP Address: Isi dengan IP address Anda. Atau pilih saja “Use auto detected IP address” yang akan membuat field tersebut diisi otomatis.
* Mail routing: tidak perlu dicentang kecuali Anda memerlukan fasilitas email untuk hostname tersebut (yang berarti tidak termasuk di penjelasan ini).Setelah anda daftar maka host name ini akan menjadi milik IP anda. selanjutnya setting router (dengan sendirinya anda harus memiliki router) beberapa jenis router sudah menyediakan fasilitas untuk meng-assign domain name secara otomatis Anda dengan mencari kategori menu DDNS atau DNS di sana. Bila menggunakan Linksys WAG200G, maka menu ini dapat diakses melalui bagian Setup > DDNS. Pilih DynDNS.org untuk DDNS Service, isi username dan password yang Anda buat di account DynDNS.org, isi hostname yang sudah Anda pesan sebelumnya, dan klik connect. Setelah itu bila terdapat status “Connected successfully”, berarti semua berjalan dengan lancar, dan ketika modem / router Anda melakukan koneksi ulang ke ISP, secara otomatis IP yang baru akan diarahkan menggunakan hostname tersebut tanpa harus membuka situs dyndns.org tersebut lagi. Bila router / modem Anda tidak menyediakan layanan seperti di atas, maka Anda harus mengunjungi situs tersebut setiap kali Anda ingin mengubah IP address-nya.

0 komentar:

Posting Komentar